Rabu, 07 April 2010

KEPUTUSAN PELANGGAN MENGENAI KEMAMPUAN DAN KUALITAS PRODUK

I. INTRODUCTION

Honda sebenarnya sudah berpengalaman dalam membuat motor full feature AT (Automatic
Transmission) sejak tahun 1980-an. Namun produk-produk tersebut sebagian besar hanya diperuntukkan untuk pasar Jepang. Melihat perkembangan pasar Indonesia yang beberapa tahun belakangan ini menunjukkan perkembangan minat kepada motor full feature AT, Honda memutuskan untuk ikut terjun kedalam pasar tersebut.

Pada tanggal 3 Agustus 2006 PT. AHM memperkenalkan Honda Vario, motor bebek dengan transmisi otomatis pertama mereka untuk pasar Indonesia. Bertempat di Golden Ballroom hotel Hilton Jakarta, Honda mengadakan konferensi pers sekaligus perkenalan produk terbaru mereka tersebut. Konferensi pers tersebut dihadiri oleh Miki Yanamoto - Presiden Direktur PT.AHM, Jakarta, Minoro Kato - Marketing Direktur dari PT AHM, Tossin Hermawan - Executive VP Director PT. AHM, serta para pejabat Honda lainnya.

Vario, dari penampilan luarnya memiliki kemiripan dengan salah satu produk motor bebek otomatis lain dipasaran. Tetapi jika dilihat dengan seksama, maka tidak diragukan design vario adalah design asli Honda. Bentuk tempat duduk cembung dan bulky seperti Karisma dengan lampu belakang yang
menyerupai Supra X 125. Vario menggunakan mesin 110 cc 4 tak dengan built-in liquid cooled system (radiator menyatu dengan mesin). Sistem transmisi otomatis yang digunakan adalah sistem
transmisi Honda V-Matic, sehingga akselerasi yang terjadi cukup halus. Vario akan dijual dengan 10 pilihan warna yang menarik dengan dua pilihan yaitu tipe spoke/jari-jari dan tipe velg racing.

Konsep utama dalam pengembangan New Honda Vario ini adalah gabungan antara kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah kesan skuter yang "Absolute Matic" dengan memberikan suatu nilai tambah bagi konsumen.

Diciptakan untuk selera gaya generasi muda yang mengutamakan kepribadian, New Honda Vario memberi tekanan pada konsep "Keen and Sharp", dengan memberikan keseimbangan yang baik dalam bermanuver dan kenyamanan, walaupun dikendarai dengan berboncengan.

Dipenuhi dengan teknologi terbaru dari Honda, New Honda Vario menggunakan mesin 110 cc – 4 langkah dengan built-in liquid cooled system, dikombinasikan dengan sistim transmisi V-Matic untuk memberikan akselerasi yang halus tanpa harus melakukan perpindahan tuas persneling.

Honda Vario mempunyai fitur-fitur keamanan yang cukup unik pada sebuah motor bebek. Parking Brake Lock, yang berfungsi sama seperti rem tangan pada mobil untuk mencegah motor tersebut tergelincir jika diparkir pada jalan yang menurun. Slide Stand Switch, akan mematikan mesin ketika standar samping di rendahkan untuk mencegah kecelakaan yang mungkin muncul. Secure Key Shutter, melindungi lubang kunci dengan magnet untuk mengurangi resiko pencurian.


II. STATEMENT OF PROBLEM



1. Ada beberapa pihak bengkel yang mengatakan, Kerusakan terjadi pada bagian rem belakang Honda Vario, tetapi sumber lainya justru memberitakan bahwa Honda Vario memiliki permasalahan pada girbox.

2. Menurut salah satu sales Astra Honda Motor di daerah pasar minggu, salah satu permasalahan yang dialami AHM saat ini adalah kurangnya stok Honda Vario pasca PRJ.




III. AREA OF CONSIDERATION


1. Dengan masalah yang ada, seperti kerusakan yang terjadi pada bagian rem belakang Honda Vario dan permasalahan pada girbox tersebut dapat mengakibatkan terkuncinya mesin ketika motor sedang melaju pada kecepatan tinggi akibat yang ditimbulkan motor akan kehilangan kesetabilan dan dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.


IV. ALTERNATIVE COURSE OF ACTION



1. Sebagai bentuk tanggung jawab Astra Honda Motor dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara, AHM Akan melaksanakan kampanye pemeriksaan dan penggantian Anchor Pin/Nut (jika perlu) secara cuma-cuma, khususnya untuk :
Honda Vario tipe Spoke Wheel : nomor rangka MH1JF11186K000044 s/d MH1JF11127K066543 nomor mesin 4061JF11E 1000051 s/d JF11E1064761,
Honda Vario tipe Cast Wheel : nomor rangka MH1JF12186 K000043 s/d MH1JF12127K082501 / nomor mesin 4066JF1000052 s/d JF12E1082441).

2. Untuk mengatasi masalah kurangnya stok Honda Vario pasca PRJ, Astra Honda Motor meningkatkan volume produksi dalam mengantisipasi pesatnya penjualan Yamaha Mio. Ia juga menyebutkan bahwa secara jujur bahwa kualitas mesin dan sasis Vario agak sedikit lebih Inferior dibanding Yamaha Mio.

Presiden Direktur Astra Honda Motor ( AHM ), Miki Yamamoto, meyakini jika Vario ini akan trend di masa yang akan datang, terutama disebabkan kelebihan-kelebihan yang ada pada Vario dibanding matic yang lain. Diantaranya konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, yakni 56 km per liter, selain itu mudah dikendalikan, cocok untuk pria dan wanita, serta design yang futuristik. Honda Vario juga hadir dengan suatu keunggulan berupa built-in liquid-cooled engine (radiator yang menyatu dengan mesin).



Honda Vario mendapatkan gelar THE BEST untuk kategori scootermatic dalam ajang Jakarta Motorcycle dan Jakarta Motor Show 2006 ( JMS ). Honda Vario berhasil menyisihkan sejumlah pesaing terberatnya, termasuk Yamaha Mio.

0 komentar:

Posting Komentar